4 Jurus Jitu Masak Dada Ayam Lembut di Teflon (Pemula Bisa!)

Dada ayam terkenal dengan kandungan protein tinggi dan rendah lemak, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang ingin hidup sehat. Namun, banyak orang enggan memasaknya karena khawatir teksturnya akan kering dan alot.

Tenang, dengan 4 jurus jitu berikut, Anda bisa memasak dada ayam di teflon dengan hasil yang super lembut dan lezat, bahkan untuk pemula sekalipun!

1. Pilih Potongan Tepat

Kunci utama dada ayam yang lembab terletak pada pemilihan potongan yang tepat. Hindari bagian dada ayam fillet yang terlalu tipis karena mudah kering. Pilihlah bagian dada ayam yang lebih tebal, seperti dada ayam bagian atas (breast upper) atau dada ayam bagian bawah (breast lower).

2. Marinasi dengan Tepat

Marinasi adalah proses merendam dada ayam dalam campuran bumbu dan bahan lainnya untuk menambah rasa dan kelembutan. Gunakan bumbu marinasi yang mengandung asam, seperti air jeruk nipis, yogurt, atau cuka, untuk membantu memecah serat daging dan membuatnya lebih empuk.

3. Masak dengan Api Sedang

Memasak dada ayam dengan api besar justru akan membuatnya kering. Gunakan api sedang saat menumis atau membakar dada ayam di teflon. Pastikan untuk memasak semua sisi secara merata agar matang sempurna.

4. Istirahatkan Daging

Setelah matang, jangan langsung memotong dada ayam. Biarkan beristirahat selama 5-10 menit agar sari-sari daging meresap kembali. Hal ini akan membuat tekstur dada ayam lebih juicy dan tidak mudah kering.

Bonus: Tips Tambahan

  • Tambahkan sedikit minyak goreng saat menumis atau membakar dada ayam untuk membantu proses pemasakan dan mencegahnya menempel pada teflon.
  • Gunakan termometer daging untuk memastikan dada ayam matang sempurna. Suhu internal ideal untuk dada ayam adalah 74°C.
  • Sajikan dada ayam dengan saus favorit Anda untuk menambah cita rasa.

Dengan mengikuti 4 jurus jitu dan tips tambahan di atas, Anda dapat dengan mudah memasak dada ayam yang super lembut dan lezat di teflon, even as a beginner!

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *