Akhir Pelarian Chaowalit Thongduang, Buronan No. 1 Thailand, Ditangkap di Bali

Bali, IndonesiaPelarian Chaowalit Thongduang, buronan nomor satu Thailand yang diburu atas tuduhan penyelundupan narkoba, akhirnya berakhir di Bali. Dalam sebuah operasi gabungan antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kepolisian Kerajaan Thailand, Thongduang ditangkap di sebuah vila di Seminyak pada pada Kamis (30/5/2024) pagi.

Thongduang, yang dikenal dengan julukan “The Boss“, telah menjadi buronan selama bertahun-tahun. Dia melarikan diri dari Thailand selama bertahun-tahun setelah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas perannya dalam jaringan penyelundupan narkoba internasional.

Menurut informasi dari pihak berwenang, Thongduang telah hidup di Bali selama 7 bulan dengan menggunakan identitas palsu. Dia diyakini telah menjalankan bisnis di pulau tersebut dan menikmati gaya hidup yang mewah.

Penangkapan Thongduang merupakan hasil dari kerjasama erat antara Polri dan Kepolisian Kerajaan Thailand. Informasi tentang keberadaan Thongduang di Bali diperoleh dari intelijen Thailand, dan Polri kemudian melakukan operasi pengintaian dan penangkapan.

“Penangkapan ini merupakan bukti komitmen Polri dalam memerangi kejahatan transnasional, khususnya penyelundupan narkoba,” ujar (Hubinter) Polri, Irjen Krishna Murti di Bali. “Kerjasama erat dengan Kepolisian Kerajaan Thailand sangat penting dalam mencapai kesuksesan ini.”

Thongduang saat ini ditahan di Bali dan sedang menunggu proses ekstradisi ke Thailand. Pihak berwenang Thailand telah menyatakan rasa terima kasih mereka kepada Polri atas bantuannya dalam menangkap buronan tersebut.

Penangkapan Thongduang merupakan kabar gembira bagi pihak berwenang di Thailand dan Indonesia. Dia adalah salah satu buronan narkoba paling dicari di Asia Tenggara, dan penangkapannya diharapkan dapat membantu dalam memerangi perdagangan narkoba di kawasan ini.