Bakal Menyusul Suami? Sandra Dewi Dipanggil Kejagung Terkait Korupsi Timah

Jakarta, 4 April 2024 – Artis cantik Sandra Dewi hari ini memenuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Pemanggilan Sandra Dewi ini menarik perhatian publik, mengingat sebelumnya suaminya, Harvey Moeis, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Kuntadi, Dirdik pada Jampidsus Kejagung, membenarkan bahwa Sandra Dewi dipanggil sebagai saksi. “Iya kita panggil sebagai saksi,” kata Kuntadi kepada wartawan.

Belum diketahui secara pasti apa yang akan ditanyakan penyidik kepada Sandra Dewi. Namun, diduga penyidik ingin menggali informasi terkait peran dan pengetahuan Sandra Dewi dalam kasus korupsi tersebut.

Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus ini, yaitu Helena Lim dan Harvey Moeis. Helena Lim merupakan pengusaha yang diduga berperan sebagai pengendali pertambangan timah ilegal di Bangka Belitung.

Sementara itu, Harvey Moeis diduga berperan sebagai perantara antara Helena Lim dengan PT Timah Tbk.

Kasus korupsi timah ini sendiri telah merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Akankah Sandra Dewi menyusul suaminya menjadi tersangka?

Hal ini masih belum dapat dipastikan. Namun, pemanggilan Sandra Dewi oleh Kejagung tentu menjadi sinyalemen bahwa penyidik tidak menutup kemungkinan untuk menjerat pihak lain yang terlibat dalam kasus ini.

Publik pun bertanya-tanya, apakah Sandra Dewi mengetahui keterlibatan suaminya dalam kasus korupsi tersebut?

Dan, apakah Sandra Dewi juga turut menikmati keuntungan dari hasil korupsi tersebut?

Hingga saat ini, Sandra Dewi belum memberikan pernyataan resmi terkait pemanggilannya oleh Kejagung.

Pemeriksaan Sandra Dewi

Sandra Dewi tiba di Gedung Kartika Kejagung sekitar pukul 09.25 WIB. Ia didampingi oleh kuasa hukumnya, OC Kaligis.

Saat ditanya wartawan, Sandra Dewi hanya tersenyum dan tidak memberikan banyak komentar. “Nanti ya, setelah pemeriksaan,” ujarnya.

Pemeriksaan Sandra Dewi berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Hasil Pemeriksaan

Usai pemeriksaan, Sandra Dewi mengatakan bahwa dirinya dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaan tersebut seputar hubungannya dengan PT Timah Tbk dan suaminya, Harvey Moeis.

Sandra Dewi mengaku tidak mengetahui secara detail bisnis suaminya. Ia hanya mengetahui bahwa suaminya bekerja di bidang pertambangan.

“Saya tidak tahu detailnya. Saya hanya tahu suami saya kerja di bidang pertambangan,” kata Sandra Dewi.

Sandra Dewi juga menegaskan bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus korupsi timah.

“Saya tidak terlibat. Saya hanya sebagai saksi,” tegasnya.

Belum Ada Tersangka Baru

Sementara itu, Kuntadi, Dirdik pada Jampidsus Kejagung, mengatakan bahwa belum ada tersangka baru dalam kasus ini.

“Belum ada (tersangka baru),” kata Kuntadi.

Namun, Kuntadi tidak menutup kemungkinan untuk menjerat pihak lain yang terlibat dalam kasus ini.

“Penyidik masih terus bekerja. Kita lihat saja nanti,” ujarnya.

Analisis dan Spekulasi

Pemanggilan Sandra Dewi oleh Kejagung tentu menimbulkan berbagai spekulasi. Ada yang menduga bahwa Sandra Dewi hanya dimintai keterangan sebagai saksi dan tidak akan terlibat lebih jauh dalam kasus ini.

Namun, ada juga yang menduga bahwa Sandra Dewi mungkin mengetahui lebih banyak tentang bisnis suaminya dan bisa jadi terlibat dalam kasus ini.

Berikut beberapa analisis dan spekulasi yang berkembang terkait kasus ini:

  • Sandra Dewi mungkin hanya dimintai keterangan sebagai saksi. Hal ini bisa terjadi jika penyidik hanya ingin mengkonfirmasi informasi yang mereka dapatkan dari tersangka lain.
  • Sandra Dewi mungkin mengetahui lebih banyak tentang bisnis suaminya. Sebagai istri, Sandra Dewi mungkin saja mengetahui detail bisnis suaminya, termasuk tentang perusahaannya yang bekerja sama dengan PT Timah Tbk.
  • Sandra Dewi mungkin terlibat dalam kasus ini. Jika terbukti Sandra Dewi mengetahui dan terlibat dalam bisnis haram suaminya, maka ia bisa dijerat dengan pasal korupsi.

Kemungkinan Tersangka Baru

Meskipun Kuntadi mengatakan belum ada tersangka baru, namun ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi:

  • Sandra Dewi bisa menjadi tersangka baru. Jika penyidik menemukan bukti kuat bahwa Sandra Dewi terlibat dalam kasus ini, maka ia bisa dijerat sebagai tersangka.
  • Orang lain yang terkait dengan Harvey Moeis bisa menjadi tersangka. Penyidik mungkin masih menyelidiki orang lain yang terkait dengan Harvey Moeis dan perusahaannya.

Kesimpulan

Kasus korupsi timah ini masih terus didalami oleh Kejagung. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, termasuk apakah Sandra Dewi akan menyusul suaminya menjadi tersangka.

Publik pun masih menunggu kelanjutan kasus ini dengan penuh rasa penasaran.

Oleh Jendral Maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *