Belanda Raih Tiga Poin Perdana di Euro 2024, Kalahkan Polandia 2-1

Hamburg, Jerman – Timnas Belanda mengawali kiprah mereka di Euro 2024 dengan gemilang. Bertanding di Volksparkstadion, Hamburg, Minggu (16/6/2024), Belanda sukses mengalahkan Polandia dengan skor tipis 2-1.

Polandia sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Adam Buksa di menit ke-16. Namun, Belanda berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Cody Gakpo pada menit ke-29. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda tampil lebih menekan. Hasilnya, Wout Weghorst yang masuk di babak kedua sebagai pemain pengganti, akhirnya memastikan kemenangan Belanda 2-1 pada menit ke-83.

Kemenangan ini membawa Belanda raih tiga poin memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin. Polandia harus bisa menara berada di dasar klasemen Group D.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung menarik dan penuh dengan peluang. Polandia tampil berani dan tak segan menyerang Belanda. Hasilnya, mereka berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Adam Buksa di menit ke-16. Belanda tak mau tinggal diam. Mereka terus berusaha mencari gol balasan dan akhirnya berhasil pada menit ke-29 melalui gol Cody Gakpo. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Belanda tampil lebih menekan. Mereka terus menggempur pertahanan Polandia. Hasilnya, Wout Weghorst yang masuk di babak kedua sebagai pemain pengganti, akhirnya memastikan kemenangan Belanda 2-1 pada menit ke-83.

Statistik pertandingan Belanda lebih ungul dengan penguasaan bola 64% dengan total 13 tendangan 4 diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Polandia mendapatkan 10 tendangan 7 diantaranya mengarah ke gawang. Dalam pertandingan ini pemain belanda Veerman mendapatkan kartu kuning di menit 15.

Komentar Pelatih

Pelatih Belanda, Ronald Koeman, mengaku senang dengan kemenangan timnya. “Kami bermain dengan baik dan pantas mendapatkan kemenangan ini,” ujar Koeman.

“Namun, kami masih harus banyak berbenah. Kami harus lebih efektif dalam menyelesaikan peluang,” imbuhnya.

Sementara itu, pelatih Polandia, Czeslaw Michniewicz, mengakui timnya kalah kelas. “Saya melihat Belanda tim yang lebih baik dan pantas menang unruk pertandingan malam ini” tutur Michniewicz.

“Kami tidak akan menyerah sampai pertandingan berakhir. Kami harus bekerja keras di pertandingan selanjutnya, karena kami butuh 3 poin untuk mengamnkan kesempatan di babak selanjutnya,” tandasnya.

Analisis

Kemenangan Belanda ini diraih berkat determinasi dan kerja sama tim yang baik. Mereka tak kenal lelah dalam menyerang dan akhirnya berhasil meraih tiga poin penting.

Polandia sendiri tampil cukup baik, namun mereka kurang beruntung. Mereka beberapa kali mendapatkan peluang emas, namun gagal dikonversi menjadi gol.

Pertandingan selanjutnya di Grup D akan mempertemukan Prancis dan Austria pada Senin (18/6/2024).