Cara Mudah Bikin Ketupat Lebaran yang Enak dan Anti Gagal!

Assalamuálaikum wr wb!

Hai semuanya! Lebaran sebentar lagi, nih. Sebagai hidangan wajib, ketupat ga boleh ketinggalan dong ya. Nah, kali ini Jendralmaya bakal membahas cara bikin ketupat Lebaran yang mudah, dijamin enak, dan anti gagal!

Bahan-bahan:

  • Daun kelapa muda yang sudah dianyam bentuk ketupat (atau bisa beli yang sudah jadi)
  • Beras putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan (optional)
  • Panci besar
  • Tali untuk mengikat ketupat

Langkah-langkah:

  1. Cuci beras: Pertama, cuci beras sampai bersih. Pastikan air cuciannya sudah jernih, ya.
  2. Rendam beras (optional): Langkah ini optional, tapi dengan merendam beras selama 30 menit – 1 jam bisa membuat tekstur ketupat lebih pulen. Jika direndam, tambahkan sedikit garam ke air rendaman.
  3. Siapkan anyaman ketupat: Kalau kamu pakai anyaman daun kelapa muda sendiri, pastikan anyamannya kuat dan tidak ada lubang. Jika beli yang sudah jadi, periksa kembali anyamannya dan pastikan tidak ada daun yang robek.
  4. Isi ketupat dengan beras: Masukkan beras ke dalam anyaman ketupat, tapi jangan terlalu penuh ya. Cukup isi sekitar 2/3 bagian saja karena nanti beras akan mengembang saat dimasak.
  5. Sematkan ketupat: Setelah terisi beras, rapikan anyaman ketupat dan ikat kuat-kuat dengan tali. Pastikan ketupat tertutup rapat agar beras tidak keluar saat direbus.
  6. Rebus ketupat: Didihkan air dalam panci besar. Setelah mendidih, masukkan ketupat ke dalam panci. pastikan semua ketupat terendam air. Jika perlu, tambahkan air panas secukupnya.
  7. Tambahkan daun pandan (optional): Untuk menambah aroma wangi, kamu bisa memasukkan beberapa lembar daun pandan ke dalam air rebusan.
  8. Masak ketupat: Ada 2 metode memasak ketupat:
    • Cara 1 (Masak Lama): Rebus ketupat dengan api sedang selama kurang lebih 4-5 jam. Sesekali aduk panci perlahan agar semua ketupat matang merata.
    • Cara 2 (Masak Cepat dengan Pressure Cooker): Jika menggunakan pressure cooker, cukup masak ketupat selama 30-45 menit saja.
  9. Angkat dan dinginkan: Setelah matang, angkat ketupat dan tiriskan. Siram ketupat dengan air dingin untuk menghentikan proses pemasakan dan menghilangkan lendir pada anyaman daun.
  10. Gantung ketupat: Setelah agak dingin, gantung ketupat di tempat yang teduh dan ter angin-angin agar ketupat lebih cepat kering dan tahan lama.

Nah, itu dia cara mudah bikin ketupat Lebaran yang enak dan anti gagal. Selamat mencoba dan semoga ketupat Lebaran buatan kalian perfecct!

Baca Juga : 

RESEP OPOR AYAM KUNING SPESIAL UNTUK LEBARAN YANG GURIH DAN LEZAT

Tips tambahan:

  • Gunakan beras berkualitas baik untuk menghasilkan ketupat yang pulen dan enak.
  • Jika beras tidak direndam, pastikan air rebusan mendidih sempurna sebelum memasukkan ketupat.
  • Jangan terlalu sering mengaduk ketupat saat direbus agar anyaman tidak rusak.
  • Setelah kering, ketupat bisa disimpan di tempat tertutup selama beberapa hari.

Selamat membuat ketupat dan selamat lebaran!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *