Hubungan Retak? Ini Penjelasan PSSI Soal STY dan Baggott

Isu keretakan hubungan antara pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) dan pemain Elkan Baggott mencuat belakangan ini. Hal ini dikarenakan Baggott tak termasuk dalam 22 pemain yang dipanggil STY untuk mengikuti dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina.

Menanggapi isu tersebut, Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani angkat bicara. Ia membantah kabar keretakan hubungan antara STY dan Baggott. Vivin menegaskan bahwa hubungan keduanya baik-baik saja.

Vivin menjelaskan bahwa tidak dipanggilnya Baggott merupakan murni keputusan pelatih. Menurutnya, STY memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih pemain untuk timnas. PSSI tidak ikut campur dalam hal tersebut. Vivin juga menambahkan bahwa Baggott saat ini tengah fokus dengan klubnya, Ipswich Town. Klub tersebut baru saja menyelesaikan musim kompetisi dan Baggott membutuhkan waktu istirahat.

Terkait pemanggilan pemain timnas, Vivin menegaskan bahwa PSSI selalu mengikuti mekanisme yang sudah ada. PSSI selalu berkomunikasi dengan klub pemain sebelum memanggil mereka ke timnas. Penjelasan PSSI ini diharapkan dapat menjernihkan suasana dan meredam isu keretakan hubungan antara STY dan Baggott.

Berikut beberapa poin penting penjelasan PSSI:

  • PSSI membantah isu keretakan hubungan antara STY dan Baggott.
  • Tidak dipanggilnya Baggott merupakan murni keputusan pelatih.
  • STY memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih pemain untuk timnas.
  • PSSI tidak ikut campur dalam hal tersebut.
  • Baggott saat ini tengah fokus dengan klubnya.
  • PSSI selalu mengikuti mekanisme yang sudah ada dalam pemanggilan pemain timnas.

Dengan penjelasan ini, diharapkan para pecinta sepak bola Indonesia dapat kembali fokus mendukung timnas yang akan berlaga di dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia membutuhkan dukungan penuh dari seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa meraih hasil terbaik di dua laga tersebut.