Kolombia Tunjukkan Kekuatan Jelang Copa America, Bantai Bolivia 3-0

Jakarta, 16 Juni 2024 – Kolombia menunjukkan kekuatan mereka jelang Copa America 2024 dengan membantai Bolivia 3-0 dalam pertandingan persahabatan di Estadio Olimpico Metropolitano Roberto Herlitz, Barranquilla, Kolombia, pada Sabtu malam (15/6).

Kolombia tampil menyerang sejak menit pertama, tiga gol tercipta dalam pertandingan ini. Gol pertama dicetak oleh J. Arias (menit ke-5), J. Cordoba (menit ke-25), dan L. Díaz (menit ke-42). Kemenangan ini memperpanjang rekor tak terkalahkan Kolombia melawan Bolivia semenjak 21 tahun.

Pertandingan berlangsung ketat di babak pertama, dengan kedua tim saling menyerang. Namun, Kolombia berhasil memecah kebuntuan di menit ke-5 melalui gol J. Arias yang memanfaatkan umpan silang dari James Rodriguez.

Delapan menit kemudian, Kolombia menggandakan keunggulan mereka melalui gol J. Arias. Pemain sayap muda ini berhasil melesakkan tendangan kaki kiri yang keras ke gawang Bolivia setelah menerima umpan dari L. Díaz.

Bolivia mencoba bangkit di babak kedua, namun Kolombia tetap tampil solid di lini pertahanan. Di menit ke-42, Kolombia mengunci hasil pertandingan melalui gol L. Díaz yang memanfaatkan umpan silang dari D. Machado. Terjadi pelangaran di menit ke-68 antara D. Muñoz vs C. Menacho dan keduanya langsung di ganjar kartu merah oleh wasit.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Kolombia jelang Copa America 2024 yang akan berlangsung di Argentina dan Ekuador pada 13 Juli 2024. Kolombia tergabung di Grup B bersama Argentina, Paraguay, dan Cile.

Pelatih Kolombia, Néstor Lorenzo, mengaku puas dengan performa timnya. “Saya sangat senang dengan penampilan tim malam ini. Mereka menunjukkan semangat juang yang tinggi dan bermain dengan disiplin. Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi kami jelang Copa America,” ujar Rueda.

Sementara itu, kapten tim Kolombia, James Rodriguez, juga memuji penampilan rekan-rekannya. “Kami bermain dengan sangat baik malam ini. Kami berhasil menguasai jalanya pertandingan dan menciptakan banyak peluang emas untuk mencetak gol. Kemenangan ini menunjukkan bahwa kami siap untuk bersaing di Copa America,” kata James.

Kemenangan ini juga menjadi kabar gembira bagi para penggemar Kolombia. Mereka berharap tim kesayangan mereka dapat tampil gemilang di Copa America dan meraih gelar juara.