Makanan Khas dan Wisata Kuliner Manado

Jendralmaya – Makanan khas Manado Memiliki cita rasa khas dengan penggunaan beragam pilihan rempah. 
Sesampainya berada di sana, kamu bisa menikmati sederet kuliner khas dari olahan hasil laut hingga beras. Berdasarkan sumber yang terpercaya, Berikut ini sederet Masakan khas Manado yang terkenal.

a. Nasi jaha

Sekilas nasi jaha mirip dengan lemang dari Sumatera Barat. Menu makanan khas Manado yang satu ini dibuat dengan cara dibakar dengan bambu. Terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan kemudian dimasukkan dalam batung bambu berlapis daun pisang. Nasi jaha mirip dengan lemang dari Sumatera Barat.

Makanan ini juga mirip lemper namun tidak ada isian. Pembuatan makanan tradisional ini dibakar menggunakan bambu. Beras ketan dan santan sebagai bahan dasar dimasukan ke dalam batang bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Kemudian, bambu dibakar dalam bara api.Nasi jaha merupakan makanan lezat karena proses pembuatannya menggunakan bambu dan rempah-rempah. Proses pembuatan nasi jaha cukup rumit karena proses masaknya harus benar-benar matang.

Faktor lainnya adalah ketepatan mengukur bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi jaha. Sebab jika ukuran bahan yang digunakan tidak tepat maka nasi jaha akan terasa tawar (rempah-rempahnya kurang) atau terasa pahit (rempah-rempahnya tidak sesuai takaran). Bisanya, makanan ringan ini disantap menggunakan abon daging rusa atau sapi. Nasi jaha juga biasa disantap menggunakan abon ikan, gulai, dan kari.

b. Panada

Panada terbilang mirip dengan pastel. Namun, camilan khas Manado ini terbuat dari tepung terigu protein tinggi yang mana bagian luarnya mirip roti pada umumnya. Isiannya terbuat dari ikan tongkol, cabai merah, kemangi, dan santan. Baca juga: Resep Panada Khas Manado Bisa untuk Camilan Natal 

Panada adalah camilan khas Manado yang mirip pastel tetapi berbeda teksturnya, panada lebih empuk seperti roti dengan isian ikan tongkol. Panada biasanya juga memiliki sedikit rasa pedas, cara membuatnya mudah bisa untuk camilan perayaan Natal. Panada terbuat dari bahan isian, yaitu ikan tongkol, cabai merah, kemangi, santan kental, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, ketumbar, air jeruk nipis, garam, dan gula. Simak resep panada khas Manado berikut ini, dikutip dari buku “Resep Kudapan Khas Banjarmasin, Manado, dan Gorontalo” (2021) karya Tim Dapur Lestari terbitan Puspa Swara.

c. Ayam rica-rica

Bumbu rica-rica merupakan kuliner khas Manado yang bisa dihidangkan untuk berbagai bahan, seperti bebek, ayam, dan ikan. Baca juga: Resep Ayam Rica-rica Manado, Pakai Ayam Kampung.

d. Ayam buluh

Ayam buluh tidak dimasak dalam bambu, melainkan dalam wadah tahan panas kemudian dipanggang dalam oven. Bumbu halusnya terbuat dari irisan serai, cabai merah, daun bawang, jahe, dan daun kemangi. Baca juga: Resep Ayam Buluh Khas Manado, Gunakan Ayam Kampung.

Salah satunya yaitu ayam buluh. Ayam buluh merupakan makanan khas Manado, Sulawesi Utara, yang dimasak di dalam bilah bambu.  Ayam dimasak dengan aneka rempah Nusantara, seperti serai, daun jeruk, dan daun kemangi.  Pada resep ini, ayam buluh tidak dimasak dengan bilah bambu, melainkan di dalam wadah tahan panas dan dipanggang di dalam oven. Jika kamu kesulitan menemukan bilah bambu, kamu bisa ikuti resep ayam buluh ini.

e. Bubur tinutuan

Bubur tinutuan merupakan makanan khas Manado populer yang terbuat dari beras, jagung, ubi jalar, dan kangkung. Biasanya, ada ikan asing goreng dan sambal roa sebagai pelengkapnya. Baca juga: Resep Bubur Tinutuan Manado untuk Sarapan Sehat 

f. Woku belanga

Woku adalan kuliner khas Manado yang menggunakan bumbu dari ulekkan cabai, bawang merah, kunyit, daun bawang, dan daun jeruk. Secara tradisional, woku belanga dimasak dalam tungku dari tanah yang dinamakan dodika. Baca juga: Apa Itu Woku Belanga, Kuliner Asam Pedas Khas Manado.

Woku merupakan masakan Manado yang melibatkan beragam bumbu seperti cabai, bawang merah, kunyit, jahe, daun jeruk, dan daun bawang. Chef sekaligus pemilik usaha Wokubelanga Dodika Elliyawati Baso menjelaskan kata “woku” di Manado berarti “masak”. Menurutnya penggunaan kata “woku” di Manado dulunya berasal dari pengaruh China yang menggunakan wok sebagai alat memasak.  Ada dua jenis sajian woku yang umum ditemukan, yakni woku daun dan woku belanga.

g. Resep gohu pepaya nanas

Gohu pepaya adalah asinan buah khas Manado yang punya cita rasa asam, segar, pedas. Selain pepaya, ada potongan buah lainnya seperti nanas pada hidangannya. Baca juga: Resep Gohu Pepaya Nanas, Asinan Buah Khas Manado.

Pepaya umumnya dinikmati dalam bentuk jus, campuran es buah, atau dimakan dalam keadaan segar. Namun, apabila bosan dengan olahan pepaya biasa, kamu bisa mecoba bikin asinan pepaya.  Namanya gohu pepaya, yaitu asinan buah khas Manado yang memiliki cita rasa asam, segar, dan pedas. Tidak hanya pepaya, kamu juga bisa menambahkan buah nanas untuk isian supaya menambah kesegaran. Penasaran dengan cita rasa gohu pepaya? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep dari Foodplace berikut ini.

h. Lalampa

Lalampa berbahan dasar nasi berisi ikan cakalang suwir. Bahan lainnya adalah beras pulo atau beras ketan yang membuat tekstur lalampa lembut dan pulen.Lalampa memiliki aroma yang khas saat dibakar di atas bara api.

Biasanya, masyarakat menikmati lalampa sambil minum teh manis atau kopi. Kudapan ini kerap tersaji dalam acara pesta dan menjadi makanan favorit yang praktis. Lalampa banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional bahkan hotel berbintang.

Makanan Khas dan Wisata Kuliner Manado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *