Masih Ada Kesempatan Lolos 16 Besar! Belgia Kalahkan Rumania 2-0

Cologne, Jerman – Timnas Belgia berhasil kalahkan Rumania skor 2-0 dalam pertandingan Grup E Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu (23 Juni 2024) dini hari WIB. Hasil perrtandingan ini membuka kembali peluang Belgia untuk lolos ke babak 16 besar di Group E.

Jalannya Pertandingan

Belgia langsung tampil menyerang sejak awal pertandingan. Mereka mendapatkan berhasil mencetak gol menit ke-2 melalui pemain Youri Tielemans manfaatkan assist cantik dari Romelu Lukaku Gol tersebut membawa Belgia memimpin 1-0.

Rumania mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan. Pertandingan berlangsung ketat selama babak pertama. Namun, pertahanan Belgia tampil solid dan disiplin. Skor 1-0 tetap bertahan hingga jeda babak pertama.

Di babak kedua, Belgia terus berusaha menambah keunggulan dengan menambah daya gedor serangan. Pada menit ke-63 Belgia mencetak gol melalui Lukaku, namun sayang golnya di anulir wasit berdasarkan hasil investigasi Var. Banyak  peluang emas yang tercipta dalam pertandingan ini, namun penyelesaian akhir mereka masih kurang maksimal dalam mencetak gol.

Pada menit ke-80, Belgia akhirnya mengunci kemenangan. Kevin De Bruyne melepaskan tendangan kaki kanan dari umpan cantik Casteels. Gol tersebut mengantarkan Belgia meraih kemenangan 2-0.

Analisis

Kemenangan ini merupakan hasil yang penting bagi Belgia. Setelah kalah di laga perdana melawan Slovakia, mereka kini masih ada kesempatan lolos ke babak 16 besar.

Belgia tampil lebih solid dan disiplin di pertandingan ini dibandingkan dengan laga sebelumnya. Mereka mampu mengontrol pertandingan dengan baik dan tak memberikan banyak ruang bagi Rumania untuk mengembangkan permainan.

Pemain Kunci

Youri Tielemans dan Kevin De Bruyne menjadi bintang lapangan pada pertandingan ini. Tielemans mencetak gol pembuka, sedangkan De Bruyne mengunci kemenangan.

Dampak Kemenangan

Kemenangan ini membawa Belgia naik ke peringkat kedua klasemen Grup E dengan 3 poin. Mereka tertinggal selisih gol poin dari Rumania yang berada di puncak klasemen.

Pada pertandingan terakhir, Belgia akan menghadapi Ukraina. Mereka membutuhkan kemenangan untuk memastikan lolos ke babak 16 besar.

Berikut hasil Statistik Pertandingan:

  • Gol: Belgia (2) – Rumania (0).
  • Penguasaan bola: Belgia (56%) – Rumania (45%).
  • Tembakan ke gawang: Belgia (9) – Rumania(4).
  • Peluang tercipta: Belgia (14) – Rumania (10).
  • Fouls: Belgia 9) – Rumania (11).
  • Kartu kuning: Belgia (1) – Rumania (2).
  • Crosses: Belgia (11) – Rumania (12).
  • Corner Kicks: Belgia (7) – Rumania (7).
  • Throw ins: Belgia (25) – Rumania (23).

Selanjutnya

Belgia akan menghadapi Ukraina dalam pertandingan terakhir Grup E pada Kamis (27 Juni 2024). Rumania akan menghadapi Slovakia di pertandingan yang sama. untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Euro 2024 Jerman.