Menang Sia-Sia! Hungaria Gagal Melaju ke Babak 16 Besar Euro 2024

Stuttgart Arena, 24 Juni 2024 – Mimpi Hungaria gagal melaju16 besar Euro 2024 di depan mata sendiri. Meskipun berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Skotlandia di Stuttgart Arena, pada laga terakhir Grup A, Hungaria tetap harus angkat koper lebih awal dari turnamen.

Gol penentu kemenangan Hungaria dicetak oleh Csoboth dimenit ke-90+10 Melalui umpan terukur Sallai. Kemenangan ini membawa Hungaria menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup A dengan  perolehan 3 poin, selisih satu poin dari Portugal yang berada di urutan kedua.

Hungaria tampil menyerang sejak babak pertama, namun Skotlandia memiliki pertahanan yang cukup solid untuk di tembus. Hasil 0-0 pun berakhir hingga babak pertama turun minum. Di babak kedua pertandingan semakin panas di warnai dengan banyaknya kartu kuning tercipta di pertandingan ini. Dimana Hungaria mendapatkan 5 kartu kuning sedangkan skotlandia mendapatkan 1 kartu kuning. Gol yang di tungu-tungu akhirnya tercipta di menit akhir babak kedua melalui pemain Csoboth di menit ke-90+10 memanfaatkan umpan cantik dari Sallai. Skor 1-0 di babk kedua ini berakhir sampai peluit tanda berkahirnya pertandingan di tiupkan.

Harapan Hungaria untuk lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik pupus karena selisih gol yang lebih buruk dibandingkan dengan Austria dan Ukraina. Austria dan Ukraina sama-sama mengoleksi 4 poin, namun memiliki selisih gol yang lebih baik dibandingkan Hungaria.

Kekalahan ini tentu menjadi pil pahit bagi Hungaria dan para pendukungnya. Hungaria harus lebih meningkatkan performa dan kualitas timnya untuk di ajang Piala Euro tahun berikutnya.

Meskipun menang sia-sia karena gagal melaju ke babak 16 besar, Hungaria patut mendapatkan pujian atas penampilan mereka di Euro 2024. Mereka telah menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan tim-tim terbaik di Eropa, dan memberikan hiburan yang menarik bagi para penonton.

Setatistik Jalannya pertandingan:

  • Gol: Hungaria (1) – Skotlandia (0).
  • Penguasaan bola: Hungaria (40%) – Skotlandia (60%).
  • Tembakan ke gawang: Hungaria (12) – Skotlandia (1).
  • Peluang tercipta: Hungaria (5) – Skotlandia (0).
  • Fouls: Hungaria (13) – Skotlandia (16).
  • Kartu kuning: Hungaria (5) – Skotlandia (1).
  • Crosses: Hungaria (28) – Skotlandia (20).
  • Corner Kicks: Hungaria (6) – Skotlandia (2).
  • Throw ins: Hungaria (23) – Skotlandia (18).

Kegagalan Hungaria untuk melaju ke babak 16 besar tentu menjadi kekecewaan bagi para pemain dan tim kepelatihan. Namun, mereka patut bangga dengan apa yang telah mereka capai di turnamen Piala Euro 2024 Jerman.