Mengapa Menandai Koper dengan Pita Tidak Boleh? Simak Penjelasanya!

Bagi banyak orang, menandai koper dengan pita berwarna-warni atau pita dengan nama dan informasi kontak merupakan cara mudah untuk membedakan koper mereka dari yang lain di bandara.

Namun, tahukah Anda bahwa menandai koper dengan pita tidak disarankan oleh petugas bandara dan bahkan bisa menyebabkan masalah? Berikut beberapa alasannya:

1. Mengganggu Mesin Pemindaian Bagasi:

Pita dapat mengganggu sensor dan kamera pada mesin pemindaian bagasi, sehingga sulit untuk membaca gambar X-ray dengan jelas. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam pemrosesan bagasi dan bahkan menimbulkan kecurigaan dari petugas keamanan.

2. Menyebabkan Koper Tersangkut:

Pita yang panjang dan menjuntai dapat tersangkut pada peralatan di bandara, seperti conveyor belt atau mesin sortir. Hal ini dapat merusak pita dan bahkan mengakibatkan kerusakan pada koper.

3. Memberikan Informasi Berlebihan kepada Orang Lain:

Mencantumkan informasi pribadi seperti nama, alamat, dan nomor telepon pada pita dapat membahayakan privasi Anda. Orang yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan informasi tersebut untuk melakukan penipuan atau tindak kejahatan lainnya.

Alternatif Penandaan Koper yang Lebih Baik:

  • Gunakan tag koper: Tag koper yang terbuat dari plastik atau logam lebih kuat dan tahan lama dibandingkan pita. Anda dapat menuliskan nama, alamat, dan nomor telepon Anda di tag tersebut dengan jelas.
  • Gunakan stiker berwarna: Stiker berwarna yang mencolok dapat membantu Anda membedakan koper Anda dari yang lain tanpa mengganggu mesin pemindaian bagasi.
  • Gunakan pita reflektif: Pita reflektif dapat membantu Anda menemukan koper Anda dalam kondisi minim cahaya, seperti di malam hari atau di bandara yang gelap.

Tips Tambahan:

  • Pastikan tag koper Anda terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas selama perjalanan.
  • Gunakan warna yang berbeda untuk setiap anggota keluarga agar lebih mudah dibedakan.
  • Pertimbangkan untuk menambahkan foto atau pola unik pada koper Anda agar lebih mudah dikenali.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga keamanan koper Anda dan memperlancar proses perjalanan Anda.

Ingat: Menandai koper dengan pita mungkin terlihat seperti cara mudah, tapi ternyata bisa menimbulkan masalah. Gunakan alternatif penandaan yang lebih aman dan efektif agar perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan.