Mengerikan!! Ternyata Pinjol Ilegal Bisa Melacak Posisi Keberadaan Kita?

Pinjaman online (pinjol) ilegal marak menjerat masyarakat dengan berbagai modus operandi. Salah satu yang meresahkan adalah kemampuannya melacak posisi keberadaan penggunanya. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran terkait privasi dan keamanan data pribadi.

Bagaimana pinjol ilegal melacak posisi pengguna?

Pinjol ilegal biasanya meminta akses ke berbagai izin pada saat instalasi aplikasi, termasuk izin lokasi. Izin ini memungkinkan aplikasi untuk mengakses data lokasi pengguna secara real-time, sehingga mengetahui keberadaan mereka.

Selain itu, pinjol ilegal juga dapat melacak posisi pengguna melalui:

  • Informasi IMEI: IMEI adalah nomor identitas unik pada setiap perangkat mobile. Beberapa pinjol ilegal dapat memperoleh IMEI pengguna dan melacak lokasinya melalui jaringan seluler.
  • Riwayat lokasi: Aplikasi pinjol ilegal dapat merekam riwayat lokasi pengguna, sehingga mengetahui tempat-tempat yang sering dikunjungi.
  • Jaringan Wi-Fi: Saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, lokasi pengguna dapat diketahui dengan perkiraan yang cukup akurat.

Mengapa pinjol ilegal melacak posisi pengguna?

Alasan utama pinjol ilegal melacak posisi pengguna adalah untuk:

  • Menagih hutang: Pinjol ilegal sering kali menggunakan cara-cara penagihan yang tidak etis dan intimidatif. Dengan mengetahui lokasi pengguna, debt collector pinjol ilegal dapat mendatangi mereka secara langsung dan memberikan tekanan untuk melunasi hutang.
  • Menjerat korban baru: Informasi lokasi pengguna dapat digunakan untuk menargetkan iklan dan promosi pinjol ilegal kepada orang-orang di sekitar mereka. Hal ini dapat meningkatkan potensi penjeratan korban baru.
  • Melakukan tindak kriminal: Dalam beberapa kasus, informasi lokasi pengguna pinjol ilegal dapat disalahgunakan untuk melakukan tindak kriminal, seperti pencurian atau penipuan.

Bagaimana cara melindungi diri dari pelacakan pinjol ilegal?

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari pelacakan pinjol ilegal:

  • Jangan instal aplikasi pinjol ilegal: Cara terbaik untuk menghindari pelacakan adalah dengan tidak menggunakan pinjol ilegal sama sekali. Gunakan hanya pinjol yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Perhatikan izin aplikasi: Saat instalasi aplikasi, perhatikan dengan seksama izin yang diminta. Tolak izin lokasi jika tidak benar-benar dibutuhkan oleh aplikasi.
  • Gunakan VPN: VPN (Virtual Private Network) dapat menyembunyikan alamat IP asli Anda dan membuat pelacakan lokasi menjadi lebih sulit.
  • Gunakan aplikasi pemblokir iklan: Aplikasi pemblokir iklan dapat membantu mencegah iklan pinjol ilegal muncul di perangkat Anda.
  • Laporkan pinjol ilegal: Jika Anda menemukan pinjol ilegal, laporkan ke OJK agar dapat ditindak.

Melindungi privasi dan keamanan data pribadi adalah hal yang sangat penting. Dengan memahami modus operandi pinjol ilegal dan mengambil langkah-langkah pencegahan, Anda dapat terhindar dari risiko pelacakan dan penyalahgunaan data pribadi.