Menjelajahi Keindahan Satwa di Jabodetabek: Lebih dari Sekedar Ragunan

Kawasan Jabodetabek, yang terdiri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, terkenal dengan hiruk pikuk dan gemerlap metropolitannya. Di balik gemerlap tersebut, terselip pula pesona alam dan kekayaan fauna yang menanti untuk dijelajahi. Bagi para pecinta satwa, tak perlu khawatir, karena Jabodetabek menawarkan berbagai pilihan wisata satwa yang tak kalah menarik dari Taman Safari.

Berikut 5 destinasi wisata satwa di Jabodetabek yang wajib dikunjungi:

1. Faunaland Ancol

Terletak di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Faunaland Ancol menghadirkan konsep wisata satwa yang memadukan keindahan benua Asia dan Australia. Di atas lahan seluas 5 hektar, pengunjung dapat berpetualang dan mengamati berbagai satwa dari kedua benua tersebut, seperti kanguru, koala, komodo, orangutan, dan masih banyak lagi.

2. Taman Margasatwa Cikarang

Taman Margasatwa Cikarang, yang terletak di Cikarang, Jawa Barat, menawarkan pengalaman wisata satwa yang lebih luas dengan koleksi lebih dari 3.500 satwa dari berbagai penjuru dunia. Pengunjung dapat menjelajahi taman dengan kereta mini, memberi makan hewan, dan bahkan mengikuti program edukasi untuk mengenal satwa lebih dekat.

3. Taman Safari Indonesia

Walaupun terletak di luar Jabodetabek, tepatnya di Bogor, Jawa Barat, Taman Safari Indonesia merupakan destinasi wisata satwa ikonik yang tak boleh dilewatkan. Di taman seluas 160 hektar ini, pengunjung dapat merasakan sensasi melihat satwa berkeliaran bebas di habitat alaminya, seperti singa, harimau, gajah, dan jerapah.

4. Taman Hewan Gembira Bogor

Taman Hewan Gembira Bogor, yang lebih dikenal dengan nama Taman Safari Mini, merupakan pilihan wisata satwa yang lebih terjangkau di Bogor. Meskipun areanya lebih kecil dibandingkan Taman Safari Indonesia, Taman Hewan Gembira Bogor tetap menawarkan berbagai koleksi satwa yang menarik, seperti orangutan, gajah, komodo, dan burung merak.

5. Taman Konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Bagi pecinta alam dan petualangan, Taman Konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Bogor menawarkan wisata satwa yang berbeda. Pengunjung dapat melakukan trekking di hutan hujan tropis dan mengamati satwa liar di habitat alaminya, seperti owa jawa, badak jawa, dan lutung budeng.

Tips Berkunjung:

  • Pastikan untuk selalu mengikuti peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku di setiap tempat wisata.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki.
  • Bawalah topi, kacamata hitam, dan tabir surya jika berkunjung di siang hari.
  • Siapkan air minum dan camilan ringan.
  • Jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berwisata.

Dengan berbagai pilihan wisata satwa yang menarik di Jabodetabek, tak heran jika kawasan ini menjadi favorit bagi para pecinta hewan dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *