Mental Juara Portugal Antar Kemenangan Tipis 2-1 Lawan Ceko

Red Bull Arena Leipzig, Praha – Portugal menunjukkan mental juara mereka dengan meraih kemenangan tipis 2-1 atas Ceko di laga pembuka Euro 2024. Gol penentu kemenangan dari Francisco Conceicao di menit akhir menjadi pembeda dalam pertandingan yang menegangkan ini.

Portugal memulai pertandingan dengan gemilang dan langsung menekan pertahanan Ceko. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menciptakan beberapa peluang berbahaya, namun gagal dikonversi menjadi gol. Di sisi lain, Ceko bermain solid dan sesekali melancarkan serangan balik yang berbahaya.

Pada menit ke-39, Portugal mendapatkan kartu kuning melalui pemain R. Leao. Jual beli serangan di babak pertama tidak menghasilkan gol sampai peluit di nyalakan berakhirnya pertandingan di babak pertama.

Di babak ke dua Ceko tak tinggal diam dan langsung menekan di menit awal pertandingan dan mendapatkan kartu kuning melaluiĀ  P. Schick pada menit ke-57. Hasil serangan ceko akhirnya membuahkan hasil melalui ompan cantik dari V. Coufal berhasil di selesaikan dengan indah L. Provod dan menjadikan gol indah di menit ke-62.

Pertandingan semakin memanas di menit-menit pertengahan babak ke dua. Kedua tim saling jual beli serangan dengan penuh determinasi. Pada menit ke-69, akhirnya portugal berhasil menyamakan skor 1-1 melalui gol bunuh diri pemain turki R. Hranac. Gol ini menjadikan semangat portugal sebagai mental juara menambah daya gedor serangan dan terbukti pada menit ke-87 D. Juta berhasil mencetak gol namun sayang gol itu di anulir oleh wasit dan dinyatakan tidak sah setelah melihat var. Akhirnya gol penentu kemenangan penuh dramatis baru bisa bisa tercipta di menit terakhir tambahan waktu pada menit 90+2 melalui pemain Francisco Conceicao. Gol ini menjadi gol terakhir penentu kemenangan Timnas Portugal.

Dalam pertandingan ini Portugal lebih menguasai jalanya pertandingan dengan ball possession 70% dengan 11 tendangan 7 diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Ceko hanya mendapatkan peluang 3 tendangan 1 diantaranya mengarah kegawang.

Skor tipis 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Portugal meraih tiga poin penting di laga pembuka Euro 2024. Kemenangan ini menunjukkan mental juara Portugal yang pantang menyerah dan selalu berusaha meraih hasil terbaik.

Kemenangan ini tentunya menjadi modal berharga bagi Portugal untuk mengamankan 3 poin penting. Portugal berada di urutan 2 Klasmen Grup F setelah kalah selisih jumlah gol dari Timnas Turki. Hasil ini membawa portugal semakin mantap menatap pertandingan selanjutnya di Piala Euro Jerman 2024.