Mitos atau Fakta? Gunung Api Muncul di Grobogan Usai Gempa Bawean

Baru-baru ini, sebuah video viral di media sosial menunjukkan gundukan tanah di tengah sawah di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut diklaim menunjukkan gunung api baru yang muncul setelah gempa Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Namun, benarkah klaim tersebut?

Fakta:

Berdasarkan informasi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), fenomena di Grobogan bukanlah gunung api baru. Gundukan tanah tersebut merupakan gunung lumpur atau mud volcano yang disebut Bledug Kuwu.

Kepala Badan Geologi ESDM, Muhammad Wafid A.N., menjelaskan bahwa semburan lumpur di Bledug Kuwu meningkat setelah gempa Bawean. Gempa tersebut menyebabkan getaran yang memicu aktivasi kembali gunung lumpur yang sebelumnya sudah tidak aktif.

Mitos:

Klaim bahwa gundukan tanah di Grobogan adalah gunung api baru adalah mitos. Fenomena tersebut merupakan gunung lumpur yang sudah ada sebelumnya dan kembali aktif setelah gempa Bawean.

Penjelasan:

Gunung lumpur adalah fenomena alam yang terjadi akibat endapan lumpur yang terdorong ke permukaan oleh tekanan gas. Gas ini berasal dari proses dekomposisi bahan organik di bawah tanah.

Gempa bumi dapat memicu aktivasi kembali gunung lumpur yang sebelumnya tidak aktif. Getaran gempa dapat menyebabkan retakan pada tanah, sehingga gas dan lumpur dapat naik ke permukaan.

Imbauan dan Saran

Berikut beberapa imbauan dan saran terkait fenomena gunung lumpur di Grobogan:

Imbauan:

  • Masyarakat diimbau untuk tidak panik dan tidak menyebarkan informasi yang tidak akurat.
  • Patuhi instruksi dan arahan dari petugas di lapangan.
  • Menjauhi area sekitar gunung lumpur yang aktif.

Saran:

  • Bagi masyarakat yang ingin melihat fenomena gunung lumpur, diimbau untuk tetap berhati-hati dan menjaga jarak aman.
  • Gunakan masker dan pelindung diri lainnya untuk menghindari paparan gas dan lumpur.
  • Tidak mencemari lingkungan sekitar gunung lumpur.

Informasi Lebih Lanjut:

Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang fenomena gunung lumpur di Grobogan melalui:

Penutup

Fenomena gunung lumpur di Grobogan merupakan peristiwa alam yang perlu diwaspadai. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti informasi yang akurat dari sumber terpercaya.

Dengan memahami informasi yang tepat, masyarakat dapat bertindak dengan bijak dan tidak terpancing oleh informasi yang menyesatkan.

oleh Jendral Maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *