Polda Metro Jaya Berhasil Membongkar Pabrik Narkoba PCC di Bogor

Bogor, 17 Mei 2024 – Petugas Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya berhasil menggerebek sebuah rumah yang dijadikan pabrik narkoba jenis PCC (Paracetamol, Cafein, Carisoprodol) di wilayah Bogor, Jawa Barat pada hari Jumat (17/5/2024).

Penggerebekan tersebut dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat yang resah dengan maraknya peredaran narkoba di wilayah tersebut. Dalam penggerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan 1.215.000 butir pil PCC, bahan baku, dan peralatan untuk membuat narkoba.

“Kami berhasil mengungkap sebuah rumah yang dijadikan home industry narkotika jenis PCC,” ujar Kasubdit 3 Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Malvino Edward Yusticia kepada wartawan, Jumat (17/5/2024).

Menurut AKBP Malvino, pabrik narkoba tersebut dioperasikan oleh dua orang tersangka, yaitu AS (36) dan AF (31). Kedua tersangka telah diamankan oleh petugas dan akan diproses hukum.

“Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 112 dan 113 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” terang AKBP Malvino.

Pengungkapan kasus pabrik narkoba PCC ini merupakan hasil kerja keras dari petugas Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengapresiasi kinerja anggotanya dan meminta agar terus melakukan pemberantasan narkoba di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Setelah terbongkarnya kasus ini semoga bisa menjadi peringatan bagi para pengedar narkoba agar tidak lagi melakukan aksinya. Kami akan terus melakukan upaya pemberantasan narkoba untuk menciptakan wilayah hukum Polda Metro Jaya yang bersih dari narkoba,” tegas Kapolda Metro Jaya.

Penemuan Bahan Baku dan Peralatan Membuat Narkoba

Selain pil PCC, petugas juga menyita sejumlah bahan baku dan peralatan untuk membuat narkoba, antara lain:

  • Serbuk dan cairan yang diduga prekursor (bahan baku) pembuatan narkotika jenis PCC
  • Mesin press
  • Cetakan
  • Kapsul
  • Bungkus pil

Petugas masih mendalami kasus ini untuk mengetahui jaringan pengedar narkoba PCC tersebut.

Dampak Negatif Narkoba PCC

PCC merupakan jenis narkoba yang berbahaya dan dapat menyebabkan kecanduan. Efek samping dari penggunaan PCC antara lain:

  • Halusinasi
  • Kejang-kejang
  • Gangguan pernapasan
  • Kematian

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan menghindari narkoba jenis PCC. Jika mengetahui adanya peredaran narkoba di wilayahnya, segera laporkan kepada pihak berwajib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *