Portugal Gagal Melaju ke Semifinal Euro 2024, Kalah Adu Penalti dari Prancis

Portugal gagal melaju ke semifinal Euro 2024 pupus di tangan Prancis. Pertandingan perempat final yang berlangsung di Volksparkstadion, Jerman, pada Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB ini harus diakhiri dengan drama adu penalti setelah skor imbang 0-0 bertahan hingga akhir babak tambahan waktu.

Pertandingan babak pertama berlangsung dengan permainan aman saling menjaga pertahanan, meskipun saling serang tetapi pertandingan terlihat kuarang panas seperti biasanya. Hasil pertandingan babak pertama pun berlangsung imbang dengan skor 0-0 sampai peluit tanda berkahirnya pertandingan di bunyikan.

Babak kedua dimulai Portugal lebih berani tampil menyerang, Portugal lebih mendominasi jalanya pertandingan selama babak kedua ini. Prancis pun tak tinggal diam dengan membalas serangan balik namun sangat disayangkan tiada ada satu gol pun tercipat di ababk kedua. Skor 0-0 pun tetap sampai berakhirnya pertandingan babak kedua. Pertandingan pun harus dilanjutkan melalui extra time, namun skor 0-0 tetap bertahan sampai selesai jalanya pertandingan. Sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan drama adu pinalti untuk menentukan pemenang pada pertandingan ini.

Pada babak adu penalti, Prancis tampil lebih tenang dan berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 5-3. Kegagalan Bruno Fernandes dan João Félix dalam mengeksekusi penalti menjadi momen krusial bagi Portugal. Di sisi lain, Prancis sukses menjalankan seluruh tendangan penalti mereka, dengan Kylian Mbappé menjadi penentu kemenangan.

Kekalahan ini menandakan berakhirnya perjalanan Cristiano Ronaldo di Euro 2024. Kapten timnas Portugal ini gagal mencetak gol di pertandingan ini, sebagai eksekutor tendangan pinalti pertama berhasil dengan sukses dijalankan ke tendangan Prancis Diogo Costa.

Meskipun kecewa dengan hasil ini, pelatih Portugal Fernando Santos tetap memberikan pujian kepada para pemainnya atas perjuangan mereka. “Saya bangga dengan tim ini. Mereka telah menunjukkan semangat juang yang luar biasa,” ujar Santos.

Kalah adu pinalti dari Prancis, Portugal tersingkir dari Euro 2024 dengan kepala tegak. Mereka telah menunjukkan performa yang solid throughout the tournament, dan hanya kalah di momen krusial.

Berikut beberapa poin penting dari pertandingan:

  • Portugal dan Prancis bermain imbang 0-0 selama 120 menit.
  • Prancis menang 5-3 dalam drama adu penalti.
  • Joao Felix gagal dalam tendangan penalti mereka untuk Portugal.
  • Hernandez menjadi penentu kemenangan Prancis.
  • Cristiano Ronaldo berhasil mencetak gol sebagai eksekutor adu pinalti pertama.

Portugal harus pulang lebih awal dari Euro 2024, namun mereka tetap menunjukkan performa yang gemilang di turnamen ini. Pertarungan sengit mereka dengan Prancis di perempat final menjadi salah satu pertandingan terbaik di Piala Euro 2024 Jerman.