Prancis Menang Beruntung Melawan Austria 1-0 Lewat Gol Bunuh Diri

Düsseldorf, Jerman – Timnas Prancis mengawali pertandingan Piala Euro 2024 mereka dengan kemenangan tipis 1-0 atas Austria di Dusseldorf Arena pada Selasa (18 Juni 2024) dini hari WIB. Gol penentu kemenangan Les Bleus dicetak melalui gol bunuh diri Maximilian Wober di menit ke-38.

Prancis mendominasi jalannya pertandingan sejak awal, namun mereka kesulitan menembus pertahanan Austria yang disiplin. Peluang terbaik mereka di babak pertama datang melalui Kylian Mbappe, tetapi tendangannya masih bisa diblok oleh Patrick Pentz.

Austria bukan tanpa peluang. Mereka beberapa kali mengancam gawang Prancis, terutama di babak kedua. Mereka tampil menekan, namun penampilan bek belakang Prancis tampil begitu perkasa yang membuat mereka gagal mencetak gol.

Keberuntungan akhirnya berpihak pada Prancis di menit ke-38. Umpan silang Mbappe dari sisi kanan disundul oleh Wober, namun bola justru berbelok ke arah gawang Austria dan masuk ke dalam net. Gol bunuh diri ini menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

Dalam pertandingan ini penguasaan bola kedua tim seimbang, untuk tendangan ke gawang Prancis  lebih unggul dengan 9 tendangan 3 di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan Austria mendapatkan 5 tendangan 2 diantarnya mengarah ke gawang. Banyak terjadinya pelanggaran dalam pertandingan semalan dengan jumlah pelangaran sebanyak 28 kali, 18 kali untuk Austria dan 10 kali untuk Prancis. Untuk kartu kuning Austria lebih unggul dengan mengemas 5 kali kartu kuning melalui pemain Wober menit ke-16, Mwene ke-34, Baumgartner ke-79, Laimer ke-84, dan Danso ke-90+3′ sedangkan prancis mendapatkan 2 kartu kuning melaui pemain Dembele ke-56 dan Mbappe ke-90.

Kemenangan ini membawa Prancis ke posisi nomer 2 puncak klasemen Grup D Piala Euro 2024 dengan 3 poin setelah Belanda. Di pertandingan lain di grup yang sama, Belanda menang melawan Polandia dengan skor 2-1.

Berikut beberapa poin penting dari pertandingan:

  • Prancis menang tipis 1-0 atas Austria di Euro 2024.
  • Gol penentu kemenangan dicetak melalui gol bunuh diri Maximilian Wober di menit ke-38.
  • Prancis mendominasi serangan dalam pertandingan, namun kesulitan menembus pertahanan Austria.
  • Austria memiliki beberapa peluang, tetapi penyelesaian akhir mereka yang buruk membuat mereka gagal mencetak gol.
  • Kemenangan ini membawa Prancis ke urutan 2 klasemen Grup D dengan 3 poin.

Analisis:

Prancis beruntung bisa meraih kemenangan di pertandingan ini. Mereka memang mendominasi jalannya pertandingan, namun mereka kesulitan menciptakan peluang clear-cut. Austria bermain dengan disiplin dan solid, dan mereka bisa saja mendapatkan hasil imbang jika penyelesaian akhir mereka lebih baik.

Kemenangan ini penting bagi Prancis untuk membangun kepercayaan diri mereka. Mereka selanjutnya akan menghadapi Belanda di pertandingan kedua mereka di Grup D dalam pegelaran Piala Uero 2024 Jerman.