Skor Telak 3-1 Warnai Kemenangan Turki Atas Georgia

Dortmund, Jerman – Tim nasional Turki mengawali kiprahnya di Euro 2024 dengan gemilang. Anak-anak asuh Vincenzo Montella berhasil mengalahkan Georgia dengan skor telak 3-1 di Setadion BVB, Dortmund, Selasa (18/6/2024) malam WIB. Kemengan ini menjadi kado manis buat sang pelatih yang bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-50 tahun.

Gol Spektakuler Arda Guler

Bintang muda Turki, Arda Guler, menjadi bintang dalam pertandingan ini. Gelandang berusia muda ini mencetak gol spektakuler ke dua melalui umpan manis dari pemain K. Ayhan, pada menit ke-65. Gol pertama tercipta melalui tendangan terukur oleh Muldur pada menit ke-25 yang tak mampu dihalau kiper Georgia, Giorgi Mamardashvili. Sedangkan gol terakhir dari pemain K. Akturkoglu pada menit terakhir ke-90+7 tak kalah indah, diawali dengan solo run dari tengah lapangan sebelum melepaskan tembakan keras ke gawang Georgia.

Gol Pembuka Mert Muldur

Turki membuka keunggulan di menit ke-25 melalui gol Mert Muldur. Bek kanan Galatasaray itu melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau Mamardashvili. Gol ini menjadi penyemangat tim untuk semakin menambah daya gedor serangan.

Georgia Memperkecil Ketinggalan

Georgia memperkecil kedudukan di menit ke-32 melalui gol G. Mikautadze melalui umpan cantik dari Kochorashvili dengan memaksimalkan umpan tarik yang membuahkan hasil tendangan kaki kanan yang merobek gawang Mert Gunok.

Gol Penutup Kerem Akturkoglu

Turki mengunci kemenangan di menit terakhir ke-90+7 melalui gol Kerem Akturkoglu. Pemain sayap Galatasaray itu memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Burak Yilmaz yang diblok Mamardashvili.

Kemenangan Penting Bagi Turki

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Turki untuk melangkah ke babak selanjutnya di Piala Euro 2024 Jerman. Di laga selanjutnya, Turki akan menghadapi Portugal pada Minggu (23/6/2024).

Analisis Pertandingan

Turki tampil dominan dalam pertandingan ini. Mereka menguasai bola dengan persentase 52% dan menciptakan lebih banyak peluang dibandingkan Georgia. Turki mendapatkan 15 tendangan 8 diantaranya mengarah ke gawang, sedangkan Georgia mendapatkan 10 tendangan 4 diantaranya mengarah ke gawang. Pertahanan Georgia pun tampil disiplin, namun tak kuasa menahan gempuran Turki yang tampil tajam di depan gawang.

Hasil Permainan

Hasil Kemenangan Turki atas Georgia menjadi kado indah pelatih Vincenzo Montella yang bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-50 tahun. Turki mantap memuncaki klasmen Group F dengan poin 3. Turki semakin percaya diri untuk menjalani pertandingan berikutnya melawan Portugal di Piala Euro 2024 Jerman.