Spanyol Pastikan Lolos Grup B Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Italia

Aufschalke-Arena, Jerman – Spanyol memastikan diri lolos Group B melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Italia di Aufschalke-Arena, Kamis (20/6/2024) malam WIB. Gol bunuh diri Ricardo Calafiori di menit ke-55 babak ke dua menjadi penentu kemenangan La Furia Roja pada laga penuh drama ini.

Kemenangan ini mengantarkan Spanyol ke puncak klasemen Grup B dengan perolehan 6 poin, unggul tiga angka dari Italia di urutan kedua. Italia tertahan di peringkat kedua dengan 3 poin, sedangkan Albania dan Kroasia dasar klasemen dengan 1 poin.

Jalannya Pertandingan

Spanyol tampil dominan sejak awal pertandingan, namun Italia mampu bertahan dengan disiplin. Gli Azzurri sesekali melancarkan serangan balik yang berbahaya, namun penyelesaian akhir mereka kurang maksimal.

Permainan langsung berjalan ketak sejak menit pertama dimainkan, jual beli serangan semakin gencar dilakukan. Namun pertahanan kedua tim masih sama-sama perkasa hinga turun minum babak pertama pertandingan.

Di babak kedua permainan berlangsuang menengangkan, akhirnya pada menit ke-55, Spanyol akhirnya memecah kebuntuan. Umpan silang Dani Olmo dari sisi kanan disundul Marco Asensio, namun bola mengenai Ricardo Calafiori dan berbelok ke gawang Italia. Gol bunuh diri ini membuat skor menjadi 1-0 untuk Spanyol. Italia mencoba bangkit dan meningkatkan intensitas serangan. Namun, Spanyol tetap disiplin dalam bertahan dan mampu menggagalkan peluang-peluang berbahaya Italia.

Spanyol lebih dominan dalam pertandingan ini dengan menguasai ball possession 56% dengan 16 tendangan ke gawang  8 di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan Italia mendapatkan 4 tendangan 1 diantaranya mengarah ke gawang. Spanyol mendapatkan tiga kartu kuning melalui pemain Rodri menit ke-45+1, Le Normand menit ke-69, dan Carvajal menit ke-90+6, sedangkan Italia mendapatkan dua kartu kunng melalui pemain Donnarumma menit ke-15 dan Cristante menit ke-46.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tipis 1-0 atas Italia tetap bertahan untuk kemenangan Spanyol. Hasil ini mengantarkan La Furia Roja lolos ke babak 16 besar Euro 2024, sedangkan Italia harus berjuang di laga terakhir melawan Kroasia untuk memperebutkan tiket lolos ke fase gugur.

Pemain Terbaik:

Pedri (Spanyol): Gelandang muda ini tampil gemilang di lini tengah Spanyol. Dia mampu mengendalikan permainan dengan baik dan memberikan banyak umpan-umpan berbahaya ke lini depan.

Gianluigi Donnarumma (Italia): Kiper veteran ini tampil heroik dengan melakukan banyak penyelamatan gemilang untuk menyelamatkan Italia dari kekalahan yang lebih besar.

Statistik Pertandingan:

  • Penguasaan bola: Spanyol (56%) – Italia (44%).
  • Tembakan ke gawang: Spanyol (16) – Italia (4).
  • Peluang tercipta: Spanyol (8) – Italia (1).
  • Fouls: Spanyol (16) – Italia (14).
  • Kartu kuning: Spanyol (3) – Italia (2).
  • Gol bunuh diri Ricardo Calafiori (55′).

Kesimpulan

Spanyol menunjukkan kualitas mereka sebagai salah satu tim favorit juara Euro 2024 Jerman dengan meraih kemenangan penting atas Italia sebagai juara bertahan. Kemenangan ini mengantarkan mereka ke babak 16 besar, dan mereka siap untuk melanjutkan perjalanan mereka di turnamen Piala Euro 2024 Jerman.