Stres Bikin Lapar? Fakta atau Mitos?

Pada masa sekarang, banyak orang melakukan aktivitas kerja secara berlebihan yang menyebapkan stres pikiran. Parahnya lagi Anda merasa sangat lapar ingin makan banyak saat sedang stres? Jika ya, Anda tidak sendirian banyak sekali orang yang mengalami kasus yang sama dalam hal ini. Tapi, benarkah stres membuat kita lapar? fakta atau mitos?

Fakta: Stres Memicu Rasa Lapar

Faktanya, stres memang dapat memicu rasa lapar. Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol saat kita sedang stres. Hormon-hormon ini meningkatkan nafsu makan dengan beberapa cara:

  • Meningkatkan ghrelin: Ghrelin adalah hormon yang diproduksi di perut dan berperan dalam memicu rasa lapar. Saat stres, kadar ghrelin dalam tubuh meningkat.
  • Menekan leptin: Leptin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel lemak dan berperan dalam memberi sinyal kenyang pada otak. Saat stres, kadar leptin dalam tubuh menurun.
  • Meningkatkan dopamin: Dopamin adalah neurotransmitter yang berperan dalam memberikan rasa senang dan puas. Saat stres, otak melepaskan lebih banyak dopamin untuk membantu kita merasa lebih baik. Dopamin juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Mitos: Stres Selalu Membuat Kita Makan Makanan Tidak Sehat

Meskipun stres dapat meningkatkan nafsu makan, tidak selalu membuat kita makan makanan yang tidak sehat. Faktanya, beberapa orang justru makan lebih sedikit saat stres. Hal ini karena stres dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan diare, yang dapat menurunkan nafsu makan.

Tips Mengatasi Makan Berlebihan Saat Stres

Jika Anda sering makan berlebihan saat stres, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Kenali pemicu stres Anda: Apa yang biasanya membuat Anda stres? Setelah Anda mengetahui pemicunya, Anda dapat mencoba untuk menghindarinya atau mengatasinya dengan cara yang lebih sehat.
  • Makan makanan yang teratur: Makan makanan yang teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi rasa lapar.
  • Pilih makanan yang sehat: Saat Anda merasa lapar, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein tanpa lemak.
  • Hindari makanan olahan dan makanan manis: Makanan olahan dan makanan manis tinggi kalori dan rendah nutrisi, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, tetapi tidak akan memuaskan rasa lapar Anda dalam jangka panjang.
  • Minum air putih yang cukup: Dehidrasi dapat membuat Anda merasa lapar, jadi pastikan Anda minum air putih yang cukup sepanjang hari.
  • Olahraga secara teratur: Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood, sehingga dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan.
  • Kelola stres dengan cara yang sehat: Temukan cara yang sehat untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau menghabiskan waktu bersama orang-tercinta.

Kesimpulan

Stres memang dapat meningkatkan nafsu makan, tetapi tidak selalu membuat kita makan makanan yang tidak sehat. Dengan mengenali pemicu stres Anda, makan makanan yang teratur, memilih makanan yang sehat, dan mengelola stres dengan cara yang sehat, Anda dapat mengendalikan nafsu makan dan menjaga pola makan yang sehat.