Tahukah Anda? Ternyata Jalan Terlebar di Dunia Ada di Argentina, Punya 16 Lajur Jalan!

Pernahkah Anda membayangkan jalan raya dengan lebar yang luar biasa? Lebar hingga 16 lajur jalan? Jika belum, bersiaplah untuk takjub dengan Avenida 9 de Julio, jalan raya di Buenos Aires, Argentina yang dinobatkan sebagai jalan raya terlebar di dunia.

Bayangkan, untuk menyeberang jalan ini, pejalan kaki membutuhkan waktu lebih dari 4 menit. Lebarnya mencapai 140 meter, setara dengan 10 lapangan sepak bola.

Dibangun pada masa kejayaan Buenos Aires, Avenida 9 de Julio menjadi simbol ambisius kota ini. Kemegahannya terlihat dari 16 lajur jalan yang terbagi menjadi dua arah, dipisahkan oleh obelisk setinggi 36 meter.

Jalan ini tak hanya lebar, tetapi juga penuh sejarah. Dinamakan sesuai tanggal kemerdekaan Argentina, Avenida 9 de Julio menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting dalam sejarah negara ini.

Bagi wisatawan, Avenida 9 de Julio menawarkan pengalaman unik. Menyeberang jalan ini menjadi tantangan tersendiri, namun juga memberikan sensasi yang tak terlupakan. Di sekitar jalan, terdapat berbagai landmark menarik seperti Teatro Colón, Obelisco de Buenos Aires, dan Casa Rosada.

Fakta Menarik Lainnya tentang Avenida 9 de Julio:

  • Pada awalnya, jalan ini merupakan parit kering yang memisahkan dua bagian kota.
  • Pembangunan Avenida 9 de Julio memakan waktu hampir setengah abad.
  • Guinness World Records secara resmi mengakui Avenida 9 de Julio sebagai jalan raya terlebar di dunia pada tahun 1980.
  • Jalan ini menjadi lokasi syuting beberapa film dan acara TV terkenal, termasuk Thelma and Louise dan The Amazing Race.

Avenida 9 de Julio adalah bukti nyata dari ambisi dan kemegahan Buenos Aires. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Argentina, jangan lupa untuk merasakan sensasi menyeberang jalan raya terluas di dunia ini!