Terbongkar: Terapi Kretek-kretek Ternyata Berbahaya untuk Atasi Masalah Tulang

Terapi kretek-kretek atau yang dikenal juga dengan istilah “chiropractic rakyat” sering digemari masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah tulang, seperti pegal linu, sakit leher, dan sakit punggung. Terapi ini menawarkan solusi cepat dan instan dengan bunyi “krek” khas yang dianggap sebagai tanda keberhasilan.

Namun, tahukah Anda bahwa terapi kretek-kretek yang dilakukan sembarangan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikut beberapa bahaya yang mengintai di balik terapi ini:

1. Cedera serius pada tulang dan sendi:

Manipulasi tulang yang tidak tepat oleh terapis yang tidak terlatih dapat menyebabkan cedera serius, seperti dislokasi sendi, patah tulang, bahkan kerusakan saraf.

2. Memperparah kondisi:

Terapi kretek-kretek tidak selalu efektif untuk semua masalah tulang. Pada beberapa kasus, terapi ini justru dapat memperparah kondisi yang mendasarinya, seperti osteoporosis atau arthritis.

3. Risiko infeksi:

Alat yang digunakan untuk terapi kretek-kretek yang tidak steril dapat berisiko menularkan infeksi kepada pasien.

4. Stroke:

Manipulasi leher yang tidak hati-hati dapat menyebabkan penyumbatan arteri ke otak, yang berakibat stroke.

5. Kematian:

Dalam kasus yang jarang terjadi, terapi kretek-kretek dapat menyebabkan kematian, terutama pada pasien dengan kondisi medis tertentu.

Penting untuk diingat:

Sebelum menjalani terapi kretek-kretek, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan diagnosis yang tepat dan mendapatkan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Alih-alih terapi kretek-kretek, beberapa pilihan pengobatan yang lebih aman dan efektif untuk masalah tulang antara lain:

  • Fisioterapi
  • Obat-obatan pereda nyeri
  • Injeksi steroid
  • Operasi

Jika Anda tetap ingin mencoba terapi kretek-kretek, pastikan untuk memilih terapis yang terlatih dan berpengalaman. Pastikan juga bahwa alat yang digunakan steril dan teknik manipulasi yang dilakukan aman.

Menjaga kesehatan tulang dengan pola hidup sehat:

Selain berkonsultasi dengan dokter dan memilih terapi yang tepat, menjaga kesehatan tulang dengan pola hidup sehat juga tak kalah penting. Berikut beberapa tipsnya:

  • Konsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D
  • Lakukan olahraga secara rutin
  • Jaga berat badan ideal
  • Hindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan

Dengan informasi ini, diharapkan Anda dapat lebih bijak dalam memilih solusi untuk mengatasi masalah tulang. Ingatlah, kesehatan Anda adalah prioritas utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *