Tinggi Menjulang: Bocah SD di Jambi Tinggi Badannya Capai 2 Meter

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan kisah seorang bocah SD di Jambi yang memiliki tinggi badan luar biasa, yaitu mencapai 2 meter. Bocah tersebut bernama Sagil Muhammad Rizky, yang saat ini duduk di kelas 6 SD.

Tinggi badan Sagil yang menjulang jauh di atas rata-rata anak seusianya ini tentu menarik perhatian banyak orang. Tak jarang, Sagil menjadi pusat perhatian saat ia berjalan di jalan atau berada di keramaian.

Mengenai pertumbuhan Sagil, spesialis ortopedi dr Pedhy SpOT(K) Spine mengatakan ada beberapa kemungkinan penyebab anak tersebut memiliki tinggi badan 2 meter, salah satunya faktor genetik.

Contoh kasusnya jika dalam keluarganya pendek-pendek, ibunya pendek, ayahnya pendek, kakek neneknya pendek, semuanya pendek, lah kok dia tinggi ya tentunya bukan masalah genetik nih berarti. Jika dari keluarganya semuanya udah tinggi, tentunya  sangat wajar-wajar saja, Tutur dr Phedy dalam diskusi media, Kamis (16/5/2024).

Dr Phedy bilang, tergantung pada penyebabnya. Jika terjadi pertumbuhan dengan cepat akibat kelebihan hormon, misalnya, bisa membuat sel-sel dalam tubuh juga pasti ikut berkembang secara berlebihan, danbisa menyebabkan berbagai masalah komplikasi dalam kesehatan.

Jadi pemeriksaan awal sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi akar masalah yang terjadi pada kesehatanya. Tanpa mengetahui pemeriksaan dasar, akan sulit untuk menentukan langkah penanganan yang tepat dan efektif. Jika menurut potensial genetiknya tinggi, ya tidak ada masalah. Contohnya kita sering lihat pebasket luar negri yang tingginya 2 meteran, itu tidak masalah.

Tapi kalau kelainan hormonnya berlebihan itu akan menjadi masalah. Tergantung, kpertumbuhan dalam diri dianya itu berlebih, sel-selnya berlebih dan menjadikan pertumbuhan sangat cepat. Pemeriksaan medis yang komprehensif bisa membantu mengidentifikasi apakah terjadi gangguan tentang hormonal, masalah genetik, atau kondisi medis lainnya yang harus segera di tindak lanjuti. Setelah mendahpatkan hasil pemeriksaan yang jelas baru dapat merancang rencana perawatan yang sesuai, dan jika ada kondisi kesehatan yang terganggu, dapat segera di tangani dengan lebih baik dan komplikasi lebih lanjut dapat dicegah.

Menurut penuturan orang tuanya, Sagil sudah menunjukkan pertumbuhan yang pesat sejak kecil. Saat usia 2 tahun, tingginya sudah mencapai 1 meter. Pertumbuhan pesatnya ini terus berlanjut hingga kini, di mana Sagil menjadi salah satu anak tertinggi di Indonesia.

Meskipun dengan tubuh yang tinggi, Sagil sangat ceria dan periang seperti pada anak lain pada umumnya. Ia suka bermain bersama teman-temannya dan bercita-cita ingin menjadi seorang tentara.

Namun, di balik keceriaannya, Sagil juga terkadang mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Contohnya, seperti saat ia naik angkot, ia harus membayar ongkos orang dewasa karena dianggap sudah besar.

Kisah Sagil ini tentu menjadi pengingat bagi kita bahwa setiap orang memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Kita harus saling menghormati dan menerima perbedaan yang ada.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Sagil:

  • Sagil memiliki tinggi badan 2 meter di usia 12 tahun.
  • Ia adalah salah satu anak tertinggi di Indonesia.
  • Sagil bercita-cita ingin menjadi seorang tentara.
  • Ia suka bermain bersama teman-temannya.
  • Terkadang ia mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari karena tubuhnya yang tinggi.

Kisah Sagil ini juga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak mudah menyerah dalam meraih mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *