Turki Tak Berdaya Dihajar Portugal 3-0

Dortmund, JermanPortugal menunjukkan dominasinya di Signal Iduna Park dengan mengalahkan Turki 3-0 dalam pertandingan Grup F Euro 2024. Kemenangan ini mengantarkan Portugal lolos ke babak 16 besar dan menjuarai Group F dengan mengoleksi enam poin, sedangkan Turki harus puas dengan tiga poin dari dua pertandingan.

Portugal langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal pertandingan dan berhasil membuka skor di menit ke-21 melalui gol Bernardo Silva. Pemain Manchester City itu memanfaatkan tendangan voli yang tak terbendung oleh Altay Bayındır. Keunggulan Portugal semakin diperbesar pada menit ke-28 melalui gol bunuh diri S. Akaydin yang miss komunikasi dengan kiper Altay Bayındır. Hasil tetap 2-0 berakhir sampai turun minum babak pertama. Berdasarkan akun resmi UEFA mencatatkan rekor sebagai pemain dengan torehan assist terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa. Turki semakin tak berdaya setelah dihajar tambahan gol menjadi Skor 3-0 dari Fernandes menit ke-56 memanfaatkan umpan cantik dari critiano ronaldo.

Portugal lebih menguasai jalanya pertandingan dengan penguasaan bola 56% 10 tendangan 3 diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Turki mendapatkan 6 tendangan 3 diantaranya mengarah ke gawang. Turki mendapatkan tiga kartu kuning melalui pemain  A. Bardakcı menit ke-25, S. Akaydin Z menit ke-42, dan Z. Celik pada menit ke-42. Sedangkan pemain Portugal mendapatkan dua kartu kuning melalui pemain Leao menit ke-39 dan Fernandes menit ke-56. Hingga akhir pertandingan, skor 3-0 tetap bertahan. Portugal pun meraih tiga poin penting untuk mengamankan posisi puncak klasemen Grup F.

Kemenangan ini membawa Portugal ke puncak klasemen Grup F dengan 6 poin dari dua pertandingan. Selecao memastikan lolos ke babak 16 besar. Turki berada di daftar dua klasemen dengan 3 poin dan peluang untuk lolos masih terbuka untuk pertandingan selanjutnya.

Berikut hasil Statistik Pertandingan:

  • Gol: Portugal (3) – Turki (0).
  • Penguasaan bola: Portugal (56%) – Turki (44%).
  • Tembakan ke gawang: Portugal (3) – Turki (3).
  • Peluang tercipta: Portugal (8) – Turki (16).
  • Fouls: Portugal (8) – Turki (16).
  • Kartu kuning: Portugal (2) – Turki (3).
  • Crosses: Portugal (15) – Turki (15).
  • Corner Kicks: Portugal (1) – Turki (9).
  • Throw ins: Portugal (17) – Turki (11).

Turki tak berdaya dengan kekalahan 3-0 atas Portugal. Turki harus segera bangkit jika ingin lolos ke babak 16 besar. Mereka masih memiliki satu pertandingan tersisa, jadi masih ada berkesempatan lolos ke babak selanjutnya di Piala Euro 2024 Jerman.

Kemenangan ini menunjukkan bahwa Portugal adalah salah satu tim unggulan di Euro 2024. Mereka memiliki skuad yang lengkap dan berpengalaman, dan mereka bermain dengan penuh semangat dan determinasi. Selamat atas kemengangan Portugal yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Euro 2024 Jerman.