Ukraina Menang Dramatis, Bungkam Slovakia 2-1!

Düsseldorf, Jerman – Tim nasional sepak bola Ukraina berhasil meraih kemenangan dramatis atas Slovakia dengan skor 2-1 dalam pertandingan Grup E Kejuaraan Eropa UEFA 2024 yang berlangsung di Esprit Arena, Düsseldorf, Jerman, pada Jumat (21/6/2024) malam WIB.

Slovakia unggul terlebih dahulu pada menit ke-17 melalui gol Ivan Schranz. Namun, Ukraina berhasil bangkit di babak kedua dengan menyamakan kedudukan melalui gol Shaparenko pada menit ke-54, dan kemudian memastikan kemenangan melalui gol penentu Roman Yaremchuk pada menit ke-80.

Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Ukraina di Euro 2024, sekaligus mengantarkan mereka ke nomer dua klasemen sementara Grup E dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Slovakia yang juga meraih 3 poin di pertandingan lain. Sementara itu, Slovakia tertahan di nomer tiga klasemen dengan mengemas 3 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung ketat sejak menit awal. Slovakia tampil menekan sejak awal dan berhasil unggul melalui gol Schranz yang memanfaatkan umpan terukur dari Haraslin.

Ukraina mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan, namun upaya mereka masih belum membuahkan hasil. Baru pada menit ke-54, Ukraina berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Shaparenko yang memanfaatkan umpan silang dari Zinchenko.

Gol tersebut membangkitkan semangat Ukraina untuk terus menyerang. Pada menit ke-80, Ukraina akhirnya berhasil meraih kemenangan melalui gol penentu Yaremchuk yang memanfaatkan umpan silang dari Shaparenko. Kemenangan skor 2-1 berakhir sampi berakhirnya pertandingan di babak kedua ini.

Statistik Pertandingan:

  • Gol: Ukraina (2) – Slovakia (1).
  • Penguasaan bola: Ukraina (46%) – Slovakia (54%).
  • Tembakan ke gawang: Ukraina (9) – Slovakia (11).
  • Peluang tercipta: Ukraina (5) – Slovakia (5).
  • Fouls: Ukraina (12) – Slovakia (9).
  • Kartu kuning: Ukraina (1) – Slovakia (0).
  • Crosses: Ukraina (15) – Slovakia (16).
  • Corner Kicks: Ukraina (4) – Slovakia (4).
  • Throw ins: Ukraina (14) – Slovakia (22).

Analisis Pertandingan

Pelatih Ukraina, Serhiy Rebrov, patut dipuji atas strategi dan perubahan taktiknya di babak kedua. Dia memasukkan Roman Yaremchuk  dan Oleksandr Zubkov untuk menambah daya gedor Ukraina, dan terbukti berhasil.

Sementara itu, Slovakia terlihat kurang kreatif dalam menyerang di babak kedua. Mereka terlalu bergantung pada umpan silang dari Hamsik, dan gagal memanfaatkan peluang emas untuk mencetak gol penentu.

Ukraina berhasil bungkam Slovakia dengan skor 2-1. Kemenangan ini tentunya menjadi modal penting bagi Ukraina untuk lolos ke babak 16 besar Piala Euro 2024. Mereka masih memiliki satu pertandingan tersisa di Grup E, yaitu melawan Belgia.