Usir Tokek Tanpa Ribet? Coba 6 Bahan Sederhana Ini!

Tokek, hewan nokturnal dengan suara khasnya, sering kali menjadi tamu tak diundang di rumah. Hewan ini memang tidak berbahaya, tapi suaranya yang nyaring di malam hari bisa mengganggu tidur dan ketenangan. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk mengusir tokek tanpa membunuhnya.

Berikut 6 bahan sederhana yang bisa Anda coba untuk mengusir tokek:

1. Telur Ular

Tokek adalah predator alami ular, dan mereka sangat tidak menyukai bau telur ular. Anda bisa membeli telur ular di pasar hewan atau membelinya secara online. Letakkan telur ular di beberapa sudut ruangan yang sering didatangi tokek.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki bau yang kuat yang tidak disukai tokek. Potong bawang putih menjadi beberapa bagian kecil dan letakkan di tempat-tempat strategis di rumah Anda. Anda juga bisa membuat semprotan bawang putih dengan mencampurkan air dan bawang putih yang dihaluskan, lalu menyemprotkannya di area yang sering didatangi tokek.

3. Cangkang Telur

Cangkang telur yang tajam dan bertekstur kasar tidak disukai tokek. Hancurkan cangkang telur dan taburkan di sekitar rumah Anda, terutama di tempat-tempat yang sering didatangi tokek.

4. Kapur Barus

Kapur barus memiliki aroma yang kuat yang tidak disukai tokek. Letakkan beberapa potong kapur barus di sudut-sudut ruangan atau di dalam wadah yang terbuka. Anda juga bisa menaburkan bubuk kapur barus di tempat-tempat yang sering didatangi tokek.

5. Daun Sirih

Daun sirih memiliki bau yang tidak disukai tokek. Rebus beberapa lembar daun sirih dengan air, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk menyemprot area yang sering didatangi tokek. Anda juga bisa menaruh beberapa lembar daun sirih di tempat-tempat strategis di rumah Anda.

6. Kopi

Kopi memiliki aroma yang kuat yang tidak disukai tokek. Taburkan bubuk kopi di sekitar rumah Anda, terutama di tempat-tempat yang sering didatangi tokek. Anda juga bisa membuat semprotan kopi dengan mencampurkan air dan bubuk kopi, lalu menyemprotkannya di area yang sering didatangi tokek.

Tips tambahan:

  • Gunakan kombinasi beberapa bahan untuk hasil yang lebih efektif.
  • Ulangi penggunaan bahan-bahan ini secara berkala untuk memastikan tokek tidak kembali.
  • Pastikan untuk membersihkan area yang sering didatangi tokek agar tokek tidak kembali.

Dengan mencoba beberapa bahan sederhana ini, Anda bisa mengusir tokek dari rumah Anda tanpa membunuhnya. Tanpa adanya suara tokek tidur pun jadi nyaman dan berkualitas.