Waspada! 6 Pakaian Kesayangan yang Ternyata Tak Boleh Dicuci Mesin

Mesin cuci memang menjadi andalan untuk membersihkan pakaian dengan cepat dan mudah. Tapi tahukah Anda, ternyata tidak semua jenis pakaian cocok dicuci dengan mesin cuci? Alih-alih bersih, pakaian kesayangan Anda malah bisa rusak bahkan menyusut jika dicuci dengan cara yang salah.

Mari simak 6 jenis pakaian yang sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci:

1. Pakaian Berbahan Sutera dan Satin

Bahan sutera dan satin dikenal dengan teksturnya yang lembut dan mengkilap. Namun, kedua bahan ini sangat halus dan mudah robek. Putaran mesin cuci yang kuat dan deterjen biasa bisa merusak tekstur dan kilaunya. Sebaiknya cuci pakaian berbahan sutera dan satin dengan tangan menggunakan deterjen khusus pakaian halus.

2. Pakaian Berhias Payet dan Manik-Manik

Hiasan payet dan manik- manik pada pakaian bisa copot atau tersangkut di pakaian lain saat dicuci dengan mesin. Tidak hanya merusak pakaian dengan hiasan tersebut, benda-benda kecil ini juga bisa merusak mesin cuci Anda. Untuk pakaian berhias, sebaiknya cuci dengan tangan atau gunakan laundry bag khusus saat dicuci dengan mesin cuci.

3. Pakaian Renang

Bahan pakaian renang biasanya terbuat dari elastane atau spandex yang mudah melar dan kehilangan bentuknya jika dicuci dengan mesin cuci. Selain itu, deterjen biasa bisa merusak elastisitas bahan dan membuat warna pakaian renang cepat pudar. Sebaiknya cuci pakaian renang dengan tangan menggunakan air dingin dan deterjen ringan.

4. Pakaian Berbahan Wol

Pakaian berbahan wol memang terlihat kokoh, namun sebenarnya serat wol mudah kusut dan melar jika terkena putaran mesin cuci yang kuat. Sebaiknya cuci pakaian wol dengan tangan menggunakan air dingin atau gunakan program khusus pencucian wol pada mesin cuci Anda.

5. Pakaian dengan Bantalan

Jaket dengan bantalan atau bra olahraga sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Bantalan pada pakaian tersebut bisa menjadi rusak dan kehilangan bentuknya. Cuci pakaian dengan bantalan menggunakan tangan atau gunakan program khusus delicate pada mesin cuci Anda.

6. Pakaian yang Mudah Menyerap Air

Pakaian berbahan rayon atau katun tipis sangat mudah menyerap air dan menjadi berat. Kondisi ini bisa membuat mesin cuci Anda bekerja lebih berat dan tidak seimbang. Sebaiknya cuci pakaian tersebut dengan tangan atau gunakan laundry bag saat dicuci dengan mesin cuci.

Dengan mengetahui jenis pakaian yang tidak boleh dicuci mesin, Anda bisa merawat pakaian kesayangan dengan tepat dan membuatnya lebih awet. Selalu perhatikan label perawatan pada pakaian untuk mengetahui instruksi pencucian yang disarankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *